Kamis, 20 September 2012

Sejarah Internet di Dunia


Sejarah Internet di Dunia 

Sejarah Internet dimulai pada 1969 ketika DepartemenPertahanan Amerika memutuskan untuk mengadakan risettentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkansatu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasidan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah, sehinggalangsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yangmenunjukan "at" atau "pada".
Tahun 1973, jaringankomputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar
 
Amerika Serikat. Komputer University College di Londonmerupakan komputer pertama yang ada di luar Amerikayang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yangsama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan BobKahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar,yang menjadi cikal bakal pemikiran Internet. Ide inidipresentasikan untuk pertama kalinya di UniversitasSussex.Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari RoyalSignals and Radar Establishment di Malvern. Setahunkemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabungdi ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network 
Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups
pertama yang diberi namaUSENET.
Tahun 1981 France Telecom menciptakangebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungandengan video link.Karena komputer yang membentuk jaringan semakin harisemakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmiyang diakui oleh semua jaringan.  
            Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP yang kini kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenaldengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer dinegara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia.Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yangada. 
Pada tahun 1984 diperkenalkan sistem namadomain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Setahunkemudian alamat anggota jaringan mulai menggunakan alamat dengan akhiran .com. Sistem alamat yang serba praktis ini langsung menggelumbungkan jumlah computer yang tersambung dengan jaringan.
Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kalilipat menjadi 10.000 lebih.
            Tahun 1988, antar sesama komputer sudah mulai dapatmengobrol atau chatting. karena Jarko Oikarinen dariFinland berhasil menemukan dan sekaligusmemperkenalkan IRC atauInternet Relay Chat.
Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungankembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurangdari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketikaTim Berners Lee menemukan program editor dan browseryang bisa menjelajah antara satu komputer dengankomputer lainnya, yang membentuk jaringan itu. Programinilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk  jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahunyang sama muncul istilah "surfing the Internet".
Tahun1994, situs Internet telah tumbuh menjadi 3.000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di Internet. Dunia langsung berubah. Ditahun yang sama Yahoo! Didirikan, yang juga sekaligustahun kelahiran Netscape Navigator 1.0. Selain itu, PizzaHut tercatat sebagai pionir yang menerima order pizza online.
Setahun kemudian Internet sudah menjadi jalur di manasuara, gambar, bisa
Streaming sekaligus.
Tahun 1996 transaksi perdagangan di Internet sudah mencapai satumilyar dollar AS.
            Tahun 1997 situs Internet sudah melewati1,2 juta. Nama domain business.com mencapai rekor penjualan 150.000 dollar AS.
Tahun 1998, situs Internet tumbuh menjadi 4,2 juta, dan nama domain yang terdaftar sudah melewati angka dua juta.
            Tahun 1999 nama domainbusiness.com terjual kembali 7,5 juta dollar AS.
Tahun 2000 situs Internet sudah melewati 21,1 juta. Ringkasan Sejarah geovisit();
Tahun 1957 Advanced Research Projects Agency (ARPA ) dibentuk oleh Departement of Defence (DoD) USA.1959  Len Kleinrock menulis paper tentang packetswitching.
Tahun 1967 Desain awal dari ARPANET diterbitkan.
Tahun 1969  DoD menggelar pengembangan ARPANET 1970 ARPANET mulai menggunakan Network Control Protocol1972 International Network Working Group (INWG) dibentuk untuk mempromosikan standar yang sudah disepakati bersama.Spesifikasi dari telnet, RFC 318, diusulkan.
Tahun 1973  Ide ethernet dijabarkan dalam thesis PhD dari Bob Metcalfe.Spesifikasi untuk File Transfer, RFC 454, diusulkan.
Tahun 1974 Disain dari TCP/IP dijabarkan secara rinci oleh VintCerf dan Bob Kahn dalam "A Protocol for PacketNetwork Intercommunication".  
Tahun 1976  UNIX-to-UNIX Copy (UUCP) dikembangan oleh BellLabs.
Tahun 1981 BITNET mulai beroperasi.Tahun 1982 TCP/IP menjadi protokol untuk ARPANET dan inidispesifikasikan oleh DoD.1983 BSD UNIX release 4.2 menggunakan TCP/IP.
Tahun 1984 Jumlah Internet hosts melewati batas 1000 host.Domain Name Service (DNS)  mulai lahir.
Tahun 1986  NSFNET dilahirkan dengan kecepatan backbone56Kbps.
Tahun 1987 Jumlah Internet hosts melewati batas 10.000.UUNET didirikan untuk memberikan akses komersial untuk Usenet dan UUCP.
Tahun 1988 Sebuah "Internet Worm" berhasil melumpuhkan Internet, sekitar 6000 host terkena akibatnya. NSFNET meningkatkan kecepatan backbone menjadi1,544 Mbps (T1).
Tahun 1989 Jumlah Internet hosts melewati batas 100.000.Tim Berners-Lee dari CERN mensirkulasikan prposalnya yang berjudul "Information Management:A Proposal".
Tahun 1990 DoD menghentikan ARPANET.Tim Berners-Lee mensirkulasikan proposal WorldWide Web (WWW). Dikembangkan sebuat program WWW, sebuah WYSIWYG browser dan editor.
Tahun 1991 Brewster Kahle (Thinking Machines) mengembanganWide Area Information System (WAIS).Paul Lindner dan Mark McCahill (University of Minnesota) meluncurkan Gopher.Phillip Zimmerman meluncurkan Pretty Good Privacy(PGP).CERN meluncurkan library WWW.  
Tahun 1992 jumlah Internet hosts melampaui 1.000.000.University of Nevada mengeluarkan sistem Veronica.Sebuah WWW browser yang bernama Violadiluncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW.
Tahun 1993 NSF membuat InterNIC untuk menjalankan Internetservis seperti pendaftaran domain.  Versi pertama dari Mosaic (untuk X Window) yang dikembangkan oleh Marc Andreesen dikeluarkan oleh NCSA.White House online.National Information Infrastructure Act lolos dan pemerintah Amerika Serikat mulai lebih serius dalam bidang Web.
Tahun 1994 Pizza hut online, merupakan contoh pertama dari aplikasi komerisal Internet.S pam mail menjadi kasus besar setelah sebuah lembaga hukum yang bernama Canter & Siegel menyebarkan mail ke seluruh dunia tentang servisuntuk mendapatkan "green card".First Virtual menjalankan "CyberBank" yang pertama.
Tahun 1995 Compuserve, America Online, dan Prodiy mulai memberikan servis akses ke Internet.Perusahaan Marc Andreesen, Netscape Communication Corporation, menjadi publik dan menjadi nomor 3 tertinggi untuk harga Initial Public Offericng (IPO) share di NASDAQ.NFS tidak lagi menggratiskan pendaftaran domain.Domain mulai membayar $50/tahun.17 April 2000 Stok di Nasdaq jatuh, mengakibatkan kerugian jutaan dolar. 
By: http://www.scribd.com/doc/17277490/Sejarah-Internet


Tidak ada komentar:

Posting Komentar